Ratusan Masyarakat Kabanjahe Gelar Pawai Ta’aruf Meriahkan Tahun Baru Hijriah

Berita Tercepat – menyajikan informasi yakni Ratusan Masyarakat Kabanjahe Gelar Pawai Ta’aruf Meriahkan Tahun Baru Hijriah yang sedang hangat dan viral diperbincangkan netizen.

Ratusan Masyarakat Kabanjahe Gelar Pawai Ta'aruf Meriahkan Tahun Baru Hijriah

Dalam rangka menyambut tahun baru 1 Muharram 1440 hijriah, ratusan masyarakat muslim yang tinggal di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, menggelar pawai ta’aruf.

Para peserta pawai terdiri dari puluhan kelompok ibu-ibu pengajian se Kecamatan Kabanjahe, Badan Kenaziran Masjid (BKM) Masjid Agung, puluhan pelajar. Serta dimeriahkan dengan adanya Marching Band anak.

Panitia Pawai Tuah Aman, mengungkapkan kegiatan ini adalah bentuk suka cita masyarakat muslim Kabanjahe menyambut tahun baru Islam. Tuah menyebutkan, tujuan dari pawai ini adalah untuk mengenang sejarah hijrahnya Nabi Muhammad SAW, dari Makkah ke Madinah.

“Selanjutnya, diharapkan juga dapat membangkitkan semangat keislaman dan kenegaraan. Yang biasa kita rangkum dengan ukuwah Islamiyah, ukuwah Wathaniyah, dan ukuwah Insaniyah,” ujar Tuah.

Meskipun cuaca saat itu sedang gerimis, namun tak menghalangi semangat peserta mulai dari anak-anak hingga orang dewasa itu untuk tetap melanjutkan pawai. Adapun rute yang ditempuh, mulai dari Masjid Agung, menyusuri Jalan Veteran, berbelok ke Jalan Kapten Pala Bangun. Kemudian masuk ke Jalan Selamat Ketaren, lanjut ke Jalan Mariam Ginting, dan berakhir kembali ke Masjid Agung.

Tuah melanjutkan, kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tahunnya. Tuah menegaskan, melalui kegiatan seperti ini diyakini akan dapat menjaga semangat dan persatuan umat. Selain itu juga dapat memperkokoh persaudaraan dalam membangun perjuangan untuk kemajuan umat.

“Agar umat Islam di Kabanjahe dan Kabupaten Karo pada umumnya, tidak dapat dikotak-kotakkan. Karena seperti kita ketahui, di sini kuat dengan adat, jadi kita harus seimbang dengan menjunjung tinggi adat sekaligus menjalankan ukuwah Islamiyah,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Sekretaris II BKM Masjid Agung Kabanjahe Suwarno SH. Dirinya berharap dengan rutinnya pergerlaran kegiatan seperti ini, umat semakin cinta dengan agama dan negaranya.

Tak hanya di Kabanjahe, pawai ta’aruf juga digelar oleh ratusan masyarakat muslim di Kecamatan Berastagi. Dan dimeriahkan dengan mengikutsertakan kendaraan hias. Seperti becak dan sepeda yang dimodifikasi dengan berbagai hiasan bertemakan tahun baru hijriah.

Seorang peserta kendaraan hias Suhendra, mengatakan sangat antusias ikut memeriahkan tahun baru islam ini. Pria yang membawa becak dengan hiasan Arab ini mengaku, hampir setiap tahun terlibat di dalam karnaval ini.

“Antusias sekali bang, saya sudah dua kali ikut pawai. Kalau tema becak saya tentang perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah,” pungkasnya.

Baca Juga :

Supported by : Agen DominoQQ , Agen BandarQ , Taruhan Bola Online

Updated: September 12, 2018 — 06:26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kumpulan Berita Tercepat Indonesia © 2018 Frontier Theme