5 Kesederhanaan Bung Hatta yang Gak Semua Orang Tahu

Berita Tercepat – menyajikan informasi yakni 5 Kesederhanaan Bung Hatta yang Gak Semua Orang Tahu yang sedang hangat dan viral diperbincangkan netizen.

5 Kesederhanaan Bung Hatta yang Gak Semua Orang Tahu

Jakarta – Siapa yang tidak kenal dengan nama Bung Hatta? Ialah salah satu pahlawan proklamator dan founding father Indonesia. Dalam urusan diplomasi dan ekonomi, ia bukanlah sosok yang diragukan lagi. Tapi sudah tahukah kamu dengan kisah hidupnya yang begitu sederhana?

Jika belum, yuk kita tengok dahulu lima kesederhanaan Bung Hatta yang gak semua orang tahu!

1. Ia baru menikah di usia 43 tahun, setelah ia berhasil mewujudkan kemerdekaan Indonesia. Mas kawinnya berupa buku

Konon, Bung Hatta pernah berjanji tidak akan menikah sebelum Indonesia merdeka. Hal ini ia buktikan sungguh-sungguh. Ia menikahi Rahmi Hatta pada 18 November 1945, tiga bulan setelah memproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Mas kawinnya adalah buku berjudul “Alam Pikiran Yunani” karangannya sendiri. Buku inilah yang ia buat selama masa pembuangan di Banda Neira tahun 1930-an.

Tiga hari setelah pernikahan digelar, mereka tinggal di Yogyakarta. Dari pernikahan ini, ia dikaruniai tiga orang putri bernama Meutia Farida Hatta, Gemala Rabi’ah Hatta, dan Halida Nuriah Hatta.

2. Selama masa pengasingan di Digul, ia menolak bekerjasama dengan penguasa setempat walaupun diiming-imingi upah tiga kali lipat

Selama diasingkan ke Boven Digul, Bung Hatta membawa semua koleksi bukunya. Ia memang mengisi hari-harinya dengan membaca dan menulis. Namun, ia juga amat peduli pada para tahanan. Gaji yang ia dapatkan selalu dibagi pada kawan-kawan yang kekurangan. Padahal gajinya hanya 2.50 gulden saja.

Kalau saja ia mau bekerja sama dengan penguasa, ia bisa mendapatkan 7.50 gulden per bulan serta hidup lebih enak. Tapi, ia menolak. Bahkan uang dari menteri jajahan Colijn pun ditolak mentah-mentah. Selain membaca buku, ia juga membuat kursus untuk para tahanan.

5 Kesederhanaan Bung Hatta yang Gak Semua Orang Tahu

3. Pasca mengundurkan diri dari Wakil Presiden Indonesia, hidupnya sangat sederhana. Bahkan sempat tak mampu membayar rekening listrik

Setelah mundur dari jabatan Wakil Presiden Republik Indonesia, Rahmi mengakui kalau hidup keluarganya sangat sederhana bahkan kritis. Uang tabungannya bahkan tak cukup untuk membeli mesin jahit yang diidam-idamkan karena kebijakan pengurangan nilai mata uang.

Suatu saat, Hatta menerima rekening listrik yang jumlahnya cukup tinggi. “Bagaimana saya bisa membayarnya dengan uang pensiun saya?” kata Bung Hatta. Ia lalu meminta Gubernur Ali Sadikin lewat surat agar uang pensiunnya dipotong untuk membayar tagihan listrik. Pada akhirnya, Pemprov DKI kemudian menanggung biaya listrik dan PAM Bung Hatta.

4. Setelah pensiun, ia mengisi harinya dengan menulis buku dan mengajar. Tapi, namanya tetap disegani & dihormati orang-orang

Pasca pensiun dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Bung Hatta mendapatkan penghasilannya dari menulis buku dan mengajar. Meskipun kehidupannya cukup sulit, ia tak lupa membantu orang yang membutuhkan. Tak heran, banyak yang masih menghormatinya meski tak ada jabatan dan harta.

Tahun 1957, ia mendapat undangan dari Pemerintah RRC, tepatnya dari Perdana Menteri Zhou Enlai. Setibanya di Cina, ternyata rakyat di sana menyambut dengan meriah dan masih menganggapnya sebagai “a great son of his country” meski tanpa jabatan.

5 Kesederhanaan Bung Hatta yang Gak Semua Orang Tahu

5. Bung Hatta memimpikan punya sepasang sepatu Bally dan lama menyimpan iklannya. Hingga akhir hayatnya, ia tak sempat membelinya

Bung Hatta wafat pada 14 Maret 1980 pada usia 77 tahun. Hingga masa terakhirnya, ia masih menyimpan guntingan iklan sepatu Bally yang sudah lama ia idam-idamkan. Ia memang bermimpi memiliki sepatu tersebut. Ini karena keuangan Bung Hatta yang belum memungkinkan untuk belanja sepasang sepatu itu.

Itu dia lima kesederhanaan Bung Hatta yang gak semua orang tahu. Beranikah kamu meneladani intelektualitasnya dari membaca, sikap kedermawanannya dari berbagi pada yang membutuhkan, dan hidup sederhana tanpa bermewah-mewah? Semoga semua, khususnya para pejabat negeri ini dapat mengilhaminya ya!

Baca Juga :

Supported by : Agen DominoQQ , Agen BandarQ , Taruhan Bola Online

Updated: October 27, 2018 — 11:29

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kumpulan Berita Tercepat Indonesia © 2018 Frontier Theme